SIAPAPUN BISA MENJADI JUARA DI MOTOGP MUSIM 2020

Franco Morbidelli kembali naik podium di MotoGP Teruel 2020 setelah mengalahkan duo Suzuki Alex Rins dan Joan Mir di Sirkuit Motorland Aragon, Minggu malam (25/11/20), MotoGP Teruel ini merupakan seri ke-11 di musim 2020.

Balapan sudah dimulai dengan insiden tabrakan antara Brad Binder (KTM) menabrak Jack Miller (Pramac) di tikungan 1 lap pertama, hingga keduanya terjatuh. Tidak lama setelah itu Nakagami yang menempati pole position pertama terjatuh saat memimpin lomba, ia terjatuh di tikungan 5 lap pertama. Pebalap asal Jepang itu jelas amat kecewa usai memasuki pit LCR Honda. Akibatnya posisi terdepan diganti oleh Franco Morbidelli yang start dari posisi ketiga.

Lima lap berlalu, posisi tidak berubah. Morbidelli masih memimpin, dibuntuti Alex Rins, dan Johan Zarco. Perebutan posisi seru malah terjadi dibelakangnya ketika Joan Mir yang start di posisi ke-12 naik ke posisi 5 dan Alex Marquez yang start diposisi ke-10 juga naik ke posisi 6.

Joan Mir dan Alex Marquez saling mengejar posisi empat, namun nasib sial menghampiri Alex Marquez, ia melakukan kesalahan dan terjatuh di tikungan 2 lap ke-14. Padahal Marquez memiliki peluang cukup besar untuk meraih podium di MotoGP Teruel.

Di saat yang bersamaan Fabio Quartararo memperbaiki posisinya naik satu setrip usai menyalip Miguel Oliveira. Namun penampilannya belum konsisten hingga ia kembali tersalip lagi saat balapan memasuki lap 14. Fabio dan Vinales jadi rider Yamaha yang sama-sama menderita pada balapan kali ini.

Disisi lain Aleix Espargaro (Aprilia) terpaksa keluar dari lintasan saat mengalami masalah dengan motornya di tikungan 6 ketika balapan tinggal menyisakan 2 lap.

Pada empat putaran terakhir, Franco Morbidelli semakin jauh meninggalkan duo Suzuki di belakangnya. Joan Mir seperti sudah puas dengan podium ketiga karena pesaingnya, Fabio Quartararo, berada jauh di belakang, yakni peringkat delapan.

Hingga bendera finis dikibarkan, Franco Morbidelli tidak mampu terkejar. Mobidelli menunjukan keahliannya dibawah naungan tim Petronas Yamaha SRT, pebalap asal Italia ini berhasil mencapai garis finis, dengan catatan waktu 41 menit 27,652 detik. Hal ini merupakan kemenangan kedua Morbidelli di kelas utama MotoGP setelah terakhir diraih pada MotoGP San Marino (13 September 2020). Sementara itu, Alex Rins finis diposisi kedua dan Joan Mir diperingkat tiga.

Tidak terasa MotoGP musim 2020 menyisakan 3 seri pertandingan lagi. Tiga posisi teratas sementara masih dipimpin oleh Joan Mir (Suzuki Ecstar) 137 poin, lalu Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 123 poin, dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 118 poin.