Quartararo Kembali Berjaya Di MotoGP Catalunya 2020

Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) sukses menempati podium pertama di MotoGP Catalunya, ini merupakan kemenangan ketiganya setelah sempat mendominasi 2 seri pertama musim MotoGP 2020 yaitu di MotoGP Spanyol dan Andalusia.

MotoGP Catalunya merupakan seri ke-8 MotoGP 2020 yang berlangsung di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Minggu (27/9/2020) malam WIB. Pertandingan kali ini kembali diadakan tanpa penonton.

Usai start, Johann Zarco dan Andrea Divizioso langsung terjatuh. Rupaya dalam tayangan ulang terlihat ada Danilo Petrucci yang kehilangan kendali motor, sehingga Zarco kaget dan kehilangan kendali motornya lalu menyenggol Dovizioso, si pemuncak klasemen sementara jelang race ini. Insiden ini langsung membuat Johann Zarco dan Dovizioso tidak bisa melanjutkan balapan.

Setelah pertandingan Zarco sempat mengungkap kesedihannya karena telah membuat Dovizioso ikut terseret ke luar balapan, dikutip dari motorsport.com

“Saya hanya reflek untuk tidak menyentuh Danilo, ketika saya mengerem dan terjatuh, Dovi tidak dapat menghindari saya dan kami adalah 2 pebalap Ducati dilapangan, saya berharap dialah yang bisa meneruskan pertandingan ini. Hal ini membuat saya sedih, karena jika tidak menginjak rem, saya akan menabrak Danilo”

Di sisi lain, Quartararo menyalip Rossi di tikungan 1 untuk menempati posisi kedua. Morbidelli masih di depan, dengan motor-motor Yamaha menguasai posisi 1-2-3. Tak lama berselang Quartararo mengambil alih posisi terdepan lewat sebuah manuver terhadap Morbidelli di tikungan 1.

Saat race tersisa 12 putaran lagi, Pol Espargaro keluar dari balapan saat sedang bertarung dengan Petrucci. Motornya meluncur ke gravel, beruntung Pol tidak mengalami luka serius.

Satu lap berselang, Morbidelli nyaris jatuh! Motornya bergoyang kencang, tapi ia masih berhasil bertahan di atas motor dengan posisi melebar. Perubahan posisi: Fabio Quartararo kini diikuti Rossi, dengan Morbidelli berada di posisi ketiga.

Di lap ke-16, Valentino Rossi yang sempat unggul satu detik lebih atas Morbidelli terjatuh di tikungan 2, The Doctor keluar dari balapan, hilang sudah kesempatan mendapatkan podium ke-200 di kelas primer (500cc/MotoGP).

Quartararo masih memimpin, pada lap ke-23 Joan Mir menyalip Morbidelli hingga akhir balapan. Pertandingan usai dengan Quartararo diposisi pertama, diikuti Joan Mir dan Alex Rins, 2 pebalap Suzuki berhasil menempati podium dua dan tiga.

Dari delapan balapan MotoGP 2020 yang sudah dijalankan, tercatat sudah ada enam pembalap berbeda yang sanggup menjejakkan kakinya di podium tertinggi.