Perawatan Aki Mobil Maintenance Free Sesuai Standarisasi Pabrikan

Aki Yuasa Maintenance Free (MF) adalah aki siap pakai dan sudah diisi cairan elektrolit dan dicharge dari pabrik, sehingga tidak diperlukan penambahan air aki selama kondisi pemakaiannya normal. Pada umumnya aki mobil berumur satu sampai dua tahun, bisa juga kurang dari itu, hal ini bergantung pada cara pemakaian kendaraan dan juga perawatan aki. Agar aki mobil bisa tetap awet dan berumur maksimal, harus dilakukan perawatan berkala, berikut ini adalah cara merawat aki Yuasa MF sesuai arahan dari pabrik Yuasa.

Cek Kondisi Aki Secara Rutin

Pada bagian atas aki Yuasa MF terdapat indikator acid (mata kucing) untuk mengetahui kondisi aki. Apabila Indikator menunjukan warna hijau, artinya aki dalam kondisi baik. Indikator warna putih berarti aki perlu disetrum/charge, dapat dilakukan dengan menggunakan alat charger. Indikator warna merah menandakan aki perlu diganti. Lakukan hal ini minimal 3 bulan sekali, atau setiap pada saat akan menyalakan mobil.

Pemeriksaan Terminal Aki

Periksalah kondisi terminal aki secara berkala. Perhatikan sambungan terminal, jangan sampai ada kabel yang kendor atau rusak. Terminal aki biasanya tertutup oleh debu dan kotoran. Hal ini menyebabkan arus listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat. Jika terminal aki berkarat bersihkan dengan sikat kawat yang lembut, amplas halus, lalu oleskan gemuk anti karat / grease.

Nyalakan Mobil Secara Berkala

Meski mobil tidak sedang akan dipakai namun menyalakan mesin mobil setiap hari adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Pada saat menyalakan mobil, selain oli melumasi komponen mesin, alternatornya juga akan menghantarkan arus listrik ke aki dengan cara menginjak pedal gas hingga mencapai 2500 – 3000 RPM dan lakukan berulang kali kurang lebih selama 5 – 10 menit . Mobil yang tidak pernah dinyalakan memberi dampak pada kondisi aki. Aki akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh karena itu, biasakan untuk menyalakan mesin mobil setiap hari.

Penyimpanan Aki

Jika anda memiliki stok aki baru dirumah, harap disimpan diruang yang kering dan berventilasi baik. Temperatur ruangan sebaiknya tidak melebihi 38°C. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari. Jangan simpan aki langsung diatas lantai (harus ada alas tambahan) untuk mencegah aki teroksidasi. Untuk menghindari aki low charge pada saat akan digunakan, rutinlah mengecek voltase aki, normal tegangan voltase aki adalah diatas 12,4 Volt.

Gunakan fitur Battery Reminder di Yuasa App, untuk membantu Anda mengetahui umur aki kendaraan dan mengingatkan untuk pengecekan kondisi aki secara berkala. Yuasa App dapat di unduh melalui ponsel Anda (Google Play & Apple Store). Dapatkan juga info terkini tentang aki Yuasa di Official Instagram, Twitter, Facebook, dan Youtube LoveYuasa.