MURID ROSSI JUARA & MARQUEZ GAGAL FINIS DI MOTOGP PRANCIS 2023

Balapan ketat tersaji pada MotoGP Prancis 2023 berlangsung pada Minggu (14/5) di Sirkuit Le Mans pukul 19.00 WIB. Banyak kejadian menegangkan di ronde ke-5 MotoGP 2023. Pole position ditempati oleh Bagnaia (Ducati Lenovo Team), Marc Marquez (Repsol Honda) grid kedua, dan Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) grid ketiga, sedangkan pembalap Prancis Johann Zarco (Prima Pramac Racing) memulai balap dari grid 9, dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) dari grid 13.

Setelah finis kelima dalam sprint MotoGP Prancis 2023, The Baby Alien -julukan Marquez- menunjukkan performa yang sangat luar biasa saat tampil dalam balapan utama di Sirkuit Le Mans. Ia sempat memimpin balapan selama dua lap pertama.

Di lap kedua, Marquez dan Miller saling salip memperebutkan posisi pertama. Francesco Bagnaia dan Maverick Vinales pun terlibat insiden yang menyebabkan keduanya kecelakaan di sektor 4 lap 5. Vinales sempat salip Bagnaia yang melebar. Bagnaia balik menyalip tapi terlalu dekat, sehingga terbentur yang selanjutnya Vinales tidak stabil motornya dan menghantam Bagnaia.

Keduanya pun terseret ke gravel dan saling ribut dorong-dorongan sampai ditenangkan oleh marshal. Tak lama Luca Marini terjatuh di tengah lintasan dan motornya ditubruk oleh Alex Marquez.

Tak sampai di situ, ada drama antara Marco Bezzecchi dan Marc Marquez di lap ke-10. Bezzecchi menyenggol Marquez saat coba rebut posisi kedua, membuat Marquez nyaris terjatuh dan melebar. Bezzecchi dihukum penalti turun satu posisi.

Namun selanjutnya, Bezzecchi terus tampil on fire. Dirinya rebut posisi pertama, diikuti Marc Marquez, dan Jack Miller. Lima lap terakhir, Bezzecchi tidak terkejar dengan keunggulan sampai 3,383 detik. Perbutan posisi kedua memanas antara Marquez dan Martin yang terus mepet.

Sayangnya, Marc Marquez nampak terlalu memaksakan diri ketika Jorge Martin mulai mendekatinya di dua lap terakhir. Alhasil, dia malah tergelincir saat menikung dengan 1,5 lap tersisa sehingga berakhir di atas gravel dan gagal menyelesaikan balapan.

Akhirnya Marco Bezzecchi rider dari Mooney VR46 jadi juaranya di MotoGP Prancis 2023. Podium kedua diisi oleh Jorge Martin dan Johann Zarco di tempat ketiga.

5 Besar Klasemen Sementara MotoGP usai GP Le Mans Prancis 2023

  1. Francesco Bagnaia, Ducati Lenovo – 94
  2. Marco Bezzecchi, Mooney VR46 Racing – 93
  3. Brad Binder, Red Bull KTM Factory Racing – 81
  4. Jorge Martin, Prima Pramac Racing – 80
  5. Johann Zarco, Prima Pramac Racing – 66