MOTOGP SAN MARINO 2020 BUKTI NYATA SIAPAPUN BISA JADI JUARA

Perburuan gelar juara di balapan MotoGP di tahun 2020 sungguh terbuka lebar untuk siapapun. MotoGP San Marino 2020 yang berlangsung di Sirkuit Misano, Itali, Minggu (13/9/2020) adalah contoh betapa tak terduganya kelas utama musim ini.

Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) berhasil meraih gelar juara setelah finis tercepat dengan catatan waktu 42 menit 2,272 detik. Memulai pertandingan di posisi kedua, Morbidelli dengan sangat baik langsung memegang kendali jalannya balapan setelah merebut posisi terdepan dari sang pole sitter, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP). Sejak saat itu Morbidelli tak pernah sekalipun kehilangan posisinya.

“Saya tidak pernah menang di Misano ataupun di negara sendiri selama menjadi pembalap. Bisa memenangi balapan MotoGP di sini (Misano) adalah pencapaian terbesar bagi saya.”  ucap Morbidelli dalam wawancara setelah pertandingan usai kemarin malam. Ini adalah kemenangan perdana Morbidelli di kelas MotoGP.

Hal tak terduga lainnya datang dari Francesco Bagnaia (Pramac Racing), pebalap asal Itali ini tampil mengejutkan dengan finis di urutan kedua. Padahal, ia sendiri sebelumnya absen di tiga balapan terakhir akibat mengalami cedera patah tulang kering pada kaki kanannya.

Aksi manuvernya di tikungan 11 dan memenangi duel top speed melawan Valentino Rossi menjadi pembeda bagi penampilan Francesco Bagnia pada balapan kali ini. Setelah menyelesaikan balapan, Bagnaia merasa bahwa motor Desmosedici GP19 miliknya menunjukkan performa yang kuat, terlebih lagi ketika melaju di trek lurus

“Saya sangat kuat di sini (Misano) karena motor saya sangat kuat terutama di trek lurus,” kata Francesco Bagnaia, dikutip dari Speedweek.com.

Hal tak terduga terakhir di pertandingan tadi malam adalah aksi Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang membuyarkan harapan Valentino Rossi untuk meraih podium dengan menyalip di lap terakhir. Padahal Rossi telah menargetkan podium ke-200 sepanjang kariernya di MotoGP San Marino kemarin. Posisi ketiga berhasil diraih Joan Mirr. Ini adalah podium kedua untuk Mir setelah balapan MotoGP Austria 2020 (16/9/2020) lalu.

Terkait prestasinya yang berhasil mencuri posisi Valentino Rossi, Joan Mir pun memberikan pendapatnya. “Saya minta maaf kepada Valentino Rossi, tapi itulah balapan. Valentino pantas naik podium, tapi mungkin bukan kali ini,” ujarnya setelah balapan, dikutip dari Speedweek.com.

Setelah merampungkan balapan ini, para pembalap akan kembali beraksi di Sirkuit Misano pada seri MotoGP Emilia Romagna 2020 yang akan berlangsung pada 20 September mendatang.