MOTOGP JEPANG 2022: MARQUEZ MASUK 5 BESAR & KEMENANGAN PERTAMA MILLER

Hasil balapan MotoGP Jepang 2022 sudah diketahui, balapan yang digelar di Sirkuit Motegi, Jepang, Minggu (25/9/2022) siang WIB, dimenangkan oleh pebalap Ducati Lenovo, Jack Miller, ini merupakan kemenangan pertamanya di musim ini.

Duel sengit tersaji diawal balapan. Marquez yang memimpin grid dan menggunakan ban Keras-Lembut, ternyata mampu disalip oleh Brad Binder. Binder langsung menyodok ke depan kala balapan dimulai, dia mengasapi Marc Marquez yang menyabet pole position.

Posisi Marc Marquez pun kemudian makin melorot usai Jorge Martin sukses menyalipnya. Belum berhenti disitu, Marquez makin mundur hingga berada di urutan kelima karena disalip Jack Miller dan Miguel Oliviera. Semua ini terjadi kala balapan masih memasuki lap 1.

Marquez yang cukup kesulitan di awal balap, nyatanya cukup menunjukkan performa yang bahaya. Motegi yang terkenal sebagai sirkuit Stop-n-Go memaksa para pebalap untuk melakukan pengereman terlambat, selain itu sirkuit ini juga didominasi dengan banyak tikungan ke kanan.

Bukan balapan yang mudah bagi Marc Marquez, namun akhirnya Marquez dapat tuntaskan balapan tanpa celaka walau sempat jatuh pada sesi pemanasan. Marquez dapat mempertahankan posisi 5 sepanjang balap dan masuk ke posisi 4 diakhir lomba setelah pada 2 lap terakhir bisa mengovertake Oliveira.

Persaingan sengit tak hanya terjadi di baris depan, di belakang, rekan setim Marc Marquez, Pol Espargaro diapit dua pembalap yang sedang berjuang meraih gelar juara, yakni Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia di posisi kesembilan. Dia terus berusaha bersaing karena ingin unjuk gigi juga seperti Marquez.

Fabio Quartararo selaku pimpinan klasemen juga sulit untuk masuk ke barisan depan, Ia memulai balap dari posisi ke-9 dan finis di posisi ke-8, namun malang untuk Bagnaia setelah pertarungan sengit dengan Enea Bastianini untuk posisi ke-9, Bagnaia justru crash di lap terakhir. Niatnya mau menyalip Quartararo di posisi ke delapan di depannya, rider Ducati itu malah tergelincir lalu jatuh terseret sampai ke gravel. Bagnaia terjatuh di tikungan ketiga  karena mengalami low slide. Hasil ini membuat pertarungan juara dunia menjadi kian sulit bagi pebalap tim pabrikan Ducati ini karena jarak poin menjadi kembali melebar.

Memasuki pertengahan balapan, insiden dialami oleh pembalap Suzuki yang menggantikan Joan mir, Takuya Tsuda, motornya tiba-tiba terbakar ditengah balapan. Api pun terlihat makin membesar sehingga Takuya langsung dengan sigap menepi dan meninggalkan motornya. Beruntung, petugas dengan sigap datang untuk memadamkan api tersebut.

Berikut 5 Besar Hasil Balapan MotoGP Jepang 2022

  1. Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22) 42m 29.174s
  2. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) +3.409s
  3. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22) +4.136s
  4. Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) +7.784s
  5. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16) +8.185s

Klasemen Sementara MotoGP 2022 usai MotoGP Jepang (10 besar)

  1. Fabio Quartararo - Monster Energy Yamaha MotoGP - Yamaha – 219
  2. Francesco Bagnaia - Ducati Lenovo Team - Ducati – 201
  3. Aleix Espargaro - Aprilia Racing - Aprilia – 194
  4. Enea Bastianini - Gresini Racing MotoGP - Ducati – 170
  5. Jack Miller - Ducati Lenovo Team - Ducati – 159
  6. Brad Binder - Red Bull KTM Factory Racing - KTM – 148
  7. Johann Zarco - Prima Pramac Racing - Ducati – 138
  8. Jorge Martin - Prima Pramac Racing - Ducati – 120
  9. Maverick Viñales - Aprilia Racing - Aprilia – 113
  10. Alex Rins - Team SUZUKI ECSTAR - Suzuki - 108