MotoGP Doha 2021 Tercatat Sebagai Balapan Paling Rapat Sepanjang Sejarah

Seri kedua MotoGP di Sirkuit Losail, Minggu (4/4/2021), berjalan menarik. MotoGP Doha 2021 dimenangkan pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. Pebalap Prancis itu merusak dominasi para pebalap Ducati, Johann Zarco dan Jorge Martin, yang menguasai lintasan di awal pertandingan.

Menariknya, bahwa seri kali ini mencatatkan rekor baru dalam hal jarak antara pemenang lomba Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP), dengan pembalap di posisi 15 Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing), yang hanya terpaut 8,928 detik. Seperti yang di kutip dari halaman situs resmi MotoGP bahwa selisih jarak tersebut adalah rekor terbaru untuk selisih terdekat di antara 15 pembalap yang menorehkan point “8,928 detik itu adalah selisih antara sang pemenang Quartararo dengan penghuni posisi 15 Oliveira. Itu adalah finis paling dekat di 15 besar yang pernah kami lihat di MotoGP,” bunyi tulisan di laman resmi MotoGP, Senin (5/4/2021). Rekor ini memecahkan rekor sebelumnya yang juga ditorehkan di Sirkuit Losail, dalam MotoGP Qatar 2019, dengan catatan selisih waktu 15,093 detik.

Beberapa pebalap pun terlibat side by side untuk mendapatkan posisi yang diinginkan. Salah satu yang menarik perhatian adalah duel pebalap Suzuki, Joan Mir dan pebalap Ducati, Jack Miller. Pada tikungan ke-10, Joan Mir tidak sengaja menyenggol Jack Miller saat keduanya sedang memperebutkan posisi kelima. Seakan tidak terima dengan hal tersebut, Jack Miller membalas dengan menggesekkan bahu ke Joan Mir di jalan lurus. Beruntung pihak MotoGP tidak memberikan Tindakan lebih lanjut setelah meninjau insiden yang melibatkan Joan Mir dan Jack Miller.

Sementara itu, pebalap veteran MotoGP Valentino Rossi yang start di posisi kedua dari belakang harus puas finis di posisi ke-16. Pebalap berusia 42 tahun itu jelas terlihat kesulitan untuk bersaing dengan rider lainnya dan tidak mampu beranjak meski hanya ke deretan tengah.

Tim Repsol Honda (HRC) Pol Espargaro dan Stefan Bradl, masih belum menunjukan hasil yang signifikan dalam 2 pertandingan musim ini. Pol Espargaro finis di posisi ke-13 dan Stefan Bradl pebalap pengganti Marc Marquez finish di posisi ke-14.

Nasib buruk juga menimpa Alex Marquez yang harus mengalami low side pada pertengahan lap. Musim ini bisa jadi awal yang buruk bagi Alex. Sebab, pada seri pembuka MotoGP Qatar dirinya juga mengalami insiden yang serupa.

Hasil di MotoGP Doha 2021 ini sekaligus kembali menegaskan indikasi bakal sedemikian ketatnya persaingan di MotoGP 2021. Setiap tim benar-benar memperlihatkan kemampuannya untuk menjadi yang pertama!