Motogp Catalunya 2022 : Quartararo Dominan, Espargaro Buang Podium

Hasil MotoGP Catalunya 2022 berhasil menempatkan Fabio Quartararo sebagai pemenang, pada Minggu (5/6/2022) malam WIB.  Start dari grid ketiga, El Diablo langsung memimpin seusai Tikungan 1 dengan melibas Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan peraih pole position Aleix Espargaro (Aprilia Racing MotoGP).

Diawal balapan langsung disuguhkan dengan tabrakan beruntun di lap 1,  saat Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) kehilangan kontrol bagian depan motornya, Nakagami kemudian terjatuh, kepalanya menghantam ban belakang Bagnaia hingga membuat pembalap Ducati itu ikut terjatuh. Sepeda motor Nakagami kemudian menghantam Rins hingga pembalap Suzuki itu terpental ke udara.

Ketiga pembalap itu kemudian gagal finis. Bagnaia sempat berusaha melanjutkan balapan menggunakan sepeda motor kedua, tapi Pecco memilih untuk kembali ke garasi setelah melakukan satu lap. Nakagami dan Rins dalam kondisi sadar usai balapan. Tapi kedua pembalap dibawa ke medical center untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah insiden itu, Quartararo langsung melesat ke posisi terdepan untuk memaksa duet Pramac Racing, Jorge Martin dan Johann Zarco, masing-masing finis di posisi kedua dan ketiga pada balapan berdurasi 24 lap (111,8 km) tersebut.

Bagi Quartararo podium utama di GP Catalunya ini menjadi kemenangan kedua musim ini, setelah GP Portugal pada 24 April lalu, atau yang ke-10 sepanjang kariernya di kelas MotoGP yang dimulai pada 2019.

Tingginya temperatur aspal lintasan Sirkuit Catalunya membuat sebagian besar pembalap mengalami kecelakaan. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing) terjatuh di Tikungan 10 lap 5. Sebelumnya, Stefan Bradl (Repsol Honda) yang menggantikan Marc Marquez, juga terjatuh.

Di lap 8, Enea Bastianini (Gresini Racing), juga terjatuh di Tikungan 5. Dengan begitu, ini kali kedua beruntun pembalap Italia tersebut tidak mampu merebut poin setelah sebelumnya juga mengalami kecelakaan pada balapan kandangnya, GP Italia.

Persaingan sengit justru terjadi pada perebutan posisi kedua yang melibatkan Aleix Espargaro dan Jorge Martin. Kedua pembalap Spanyol itu silih berganti menempati posisi kedua hingga insiden memalukan sekaligus menyesakkan terjadi satu lap sebelum finis.

Pada lap 23, saat berada di posisi kedua, Aleix Espargaro tiba-tiba memperlambat Aprilia RS-GP geberannya setelah melintas garis start finis. Saat itu, ia mengira sudah menyelesaikan lomba di posisi kedua.

Situasi tersebut berhasil dimanfaatkan Martin dan Zarco yang memang terus menempel Espargaro di P3 dan P4. Tidak hanya duet Tim Pramac, juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir (Suzuki Ecstar) pun berhasil memanfaatkan kesalahan konyol Aleix Espargaro.

Saat sadar masih ada satu lap lagi, Aleix Espargaro pun berusaha mengejar para pembalap terdepan. Namun, tertinggal sekira delapan detik, ia pun hanya mampu melibas Luca Marini (Mooney VR46 Racing) untuk finis di posisi kelima.

10 Besar Klasemen Sementara MotoGP 2022 Usai MotoGP Catalunya 2022:

1.Fabio Quartararo: 147 poin

2. Aleix Espargaro: 125 poin

3. Enea Bastianini: 94 poin

4. Johann Zarco: 91 poin

5. Francesco Bagnaia: 81 poin

6. Brad Binder: 73 poin

7. Alex Rins: 69 poin

8. Joan Mir: 69 poin

9. Jack Miller: 65 poin

10. Marc Marquez: 60 poin