MotoGP Belanda 2023: Blunder Binder Berkah Bagi Espargaro

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia tampi menggila di pertandingan seri kedelapan MotoGP 2023 berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (25/6/2023). Balapan MotoGP Belanda 2023 berlangsung seru, meski terjadi sejumlah insiden kecelakaan di awal balapan.

Brad Binder berhasil memimpin di awal balapan, diikuti oleh Bagnaia dan Bezzecchi. Sementara Fabio Quartararo berada di posisi ke-12 pada awal balapan.

Pada lap kedua Jack Miller mengalami kecelakaan di tikungan sektor satu. Persaingan cukup sengit melibatkan tiga pembalap terdepan. Tak butuh waktu lama bagi Bagnaia untuk berada di posisi pertama.

Di lap ketiga insiden lain terjadi ketika dua pembalap asal Prancis, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Johann Zarco (Prima Pramac) bertabrakan. Kecelakaan tampaknya terjadi cukup keras hingga membuat Quartararo harus dibantu marshall untuk berjalan kembali ke paddock.

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales, juga ikut-ikutan harus mengakhiri lomba lebih cepat usai terjatuh di Tikungan 8. Badai crash tak berhenti sampai di situ ketika pembalap Ducati Lenovo, Enea Bastianini, tergelincir di Tikungan 5.

Memasuki lap ke-14, Bagnaia mulai membuka keunggulan atas Binder dengan gap 0,8 detik. Bezzecchi yang berada di posisi ketiga sudah mengintai Binder untuk merebut podium kedua.Pembalap debutan terbaik musim lalu tersebut akhirnya berhasil menyalip Binder saat balapan tersisa 10 lap lagi.

Bagnaia semakin nyaman memimpin jalannya balapan yang terus menambah keunggulan dengan gap 1,4 detik. Sebaliknya Binder yang menjadi penantang Bagnaia justru kembali terancam kehilangan tempat di podiumnya karena penalti.

Brad Binder melakukan kesalahan dengan melintasi track limit di Turn 8 saat menghindari kejaran Espargaro pada lap terakhir. Rider KTM itu pun harus turun ke posisi empat. Blunder Binder sekaligus membuat Aleix Espargaro naik ke posisi tiga MotoGP Belanda 2023. Ini menjadi podium pertama bagi pebalap Aprilia tersebut musim ini.

Sementara kabar dari tim HRC memutuskan Marc Marquez tidak ikut balapan seri kedelapan ini. Awalnya sempat terdengar aneh, karena tim Repsol Honda sempat ikut sesi kualifikasi sampai Sprint Race, namun akhirnya Marc Marquez memilih tidak ikut balapan karena keadaan badan yang masih belum fit akibat crash di MotoGP Jerman minggu lalu.

Diharapkan Marc Marquez serta rekan setimnya Joan Mir, bisa balapan seri selanjutnya yaitu MotoGP Inggris yang akan digelar di sirkuit Silverstone, pada 4 sampai 6 Agustus 2023.

Joan Mir sendiri juga masih cedera, dan di MotoGP Belanda posisinya digantikan oleh Iker Lecuona, pembalap tim HRC di WorldSBK.

5 Besar MotoGP Belanda 2023

1. Francesco Bagnaia 40:28,005

2. Bezzecchi +1,223

3. Aleix Espargaro +1,925

4. Binder +1,528

5. Martin +1,934

5 Besar Klasemen MotoGP 2023

1. Bagnaia 194 Poin

2. Martin 159

3. Bezzecchi 158

4. Binder 114

5. Zarco 109