MIGUEL OLIVEIRA MENJADI JUARA DI SERI PAMUNGKAS MOTOGP 2020

Pembalap RedBull KTM Tech 3, Miguel Oliveira benar-benar tak terhentikan dari awal balapan hingga garis finis di seri ke-14 MotoGP 2020 yang dilangsungkan di sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, pada Minggu (22/11/2020) malam WIB. Ini merupakan balapan terakhir Kejuaraan Dunia MotoGP 2020.

Start terdepan, Olivera, rider tuan rumah itu menempati pole position dan menjalani start yang bagus. Dia mengungguli Morbidelli dan Jack Miller, sedangkan Joan Mir melorot drastis di urutan ke-20. Pembalap Suzuki itu terlibat insiden dengan Francesco Bagnaia. Ia Mencoba menghindar, tapi Mir justru mengenai ban belakang Johann Zarco di tikungan 3.

Masuk pada lap ke-2, Oliveira langsung menciptakan jarak, yakni lebih dari satu detik atas para rival-rivalnya. Bahkan tanpa kesulitan berarti, ia itu telah unggul hampir 3,5 detik saat balapan memasuki Lap 9.

Laju kencang Oliveira makin sulit dibendung jelang lap-lap berakhir. Morbidelli yang berada jauh di belakangnya pun akhirnya memilih untuk bertahan, terutama dari serangan Miller yang mengincar podium kedua.

Oliveira lalu keluar sebagai pemenang balapan lewat penampilan yang begitu dominan. Dia menyelesaikan 25 lap dengan catatan waktu 48 menit 163 detik. Kemenangan di Portimao sendiri merupakan kemenangan kedua bagi Oliveira sepanjang musim 2020. Sebelumnya dia menang di MotoGP Styria.

“Luar biasa, sulit untuk membayangkan balapan seperti ini dan akhirnya berhasil juara. Tambah spesial lagi karena keluargaku yang tidak bisa melihatku saat pertama kali naik podium di seri-seri sebelumnya, tapi sekarang mereka menyaksikan langsung dan sangat emosional,” ujarnya usai race, dikutip dari MotoGP.com.

Kemenangan kali ini juga sebagai hadiah perpisahan Oliveira dengan timnya saat ini. Musim depan, Miguel Oliveira akan hijrah untuk membela tim Red Bull KTM Factory Racing.

Melengkapi posisi podium ada pebalap Ducati, Jack Miller di posisi kedua, lalu posisi ketiga pebalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli. Setelah itu, berturut-turut sampai sampai posisi 10 ada Pol Espargaro, Takaaki Nakagami, Andrea Dovizioso, Stefan Bradl, Aleix Espargaro, Alex Marquez, dan Johann Zarco.

Juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir, tak bisa menyelesaikan balapan. Dia mengalami masalah motor pada saat balapan menyisakan 10 putaran.

Kendati finis ketiga, Morbidelli sukses mengamankan posisi runner-up dalam klasemen akhir MotoGP 2020. Dia mengumpulkan 158 poin atau unggul 19 poin atas Rins, yang terlempar dari 10 besar dalam balapan hari ini.

Cerita lain bagi Ducati, hasil yang diraih oleh Jack Miller di posisi kedua, membuat pabrikan Italia itu mengunci gelar juara dunia konstruktor dengan raihan 221 poin.

Musim 2020 ini akan menjadi catatan baru disepanjang sejarah Kejuaraan Dunia MotoGP, diadakan ditengah pandemic yang menyerang seluruh negeri, berbagai peraturan baru untuk menjalankan balapan tetap terlaksana dengan aman pun harus diikuti. Selain itu total sembilan pebalap berbeda yang menjadi juara di setiap series selama musim ini pun menjadi rekor baru. Selamat kepada para juara, sampai berjumpa di MotoGP 2021!