Marc Marquez Kembali Masuk 5 Besar & Miguel Oliviera Menang Di MotoGP Thailand 2022

Pertandingan panas dibawah guyuran hujan, adalah istilah yang tepat untuk gelaran MotoGP Thailand 2022 yang digelar di Sirkuit International Chang, Buriram, Minggu (2/10/2022) sore WIB. Balapan sempat ditunda cukup lama sekitar 55 menit karena hujan deras yang mengguyur sirkuit, mengingatkan pada balapan di GP Mandalika diawal tahun.

Persaingan berlangsung sengit diawal balapan, Marcho Bezzecchi start di pole position berhasil memimpin balapan, urutan kedua Francesco Bagnaia, lalu Jack Miller, Jorge Martin, dan Mark Marquez di posisi kelima.

Sirkuit balapan yang licin karena basah hujan, membuat sejumlah pembalap hampir bersenggolan saat hendak menyalip. Salah satunya dialami oleh Aleix Espargaro dan Remy Gardner. Beruntung keduanya tak terjatuh usai bersenggolan.

Namun nasib kurang beruntung dialami adik Valentino Rossi, Luca Marini, dia tergelincir saat melewati tikungan kesembilan lap kelima. Luca Marini kehilangan grip hingga harus menyentuh gravel dan gagal finis.

Memasuki lap kelima, Miguel Oliveira menunjukkan kegarangannya saat melintas di trek basah. Memulai balapan di posisi 11, Oliviera sukses menyalip Marc Marquez, dia melesat ke depan dan terus mengejar Bagnaia dan Bezzecchi hingga akhirnya berada di urutan kedua, tepat di belakang Miller. Sebetulnya skill yang dikeluarkan Oliviera sudah bukan menjadi kejutan, pasalnya dia juga sukses meraih kemenangan saat balapan dalam kondisi trek yang basah di MotoGP Mandalika 2022.

5 lap tersisa, Bagnaia sempat mendapatkan ancaman dari Marc Marquez yang berada di urutan keempat. Namun, dia bisa bertahan dari manuver pembalap asal Spanyol tersebut. Marquez yang terlalu fokus ke Bagnaia malah turun satu setrip usai disalip Johann Zarco.

Oliveira berhasil menjadi juara pertama, lalau ada Jack Miller yang finis di posisi kedua. Kemudian, podium ketiga ditempati oleh Francesco Bagnaia. Posisi keempat diisi oleh Johaan Zarco dan ada Marc Marquez di urutan kelima.

Lain cerita dengan pemegang klasemen sementara, Fabio Quartararo, pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Ia gagal tampil bersinar di MotoGP Thailand 2022 hingga akhirnya tak bisa membawa pulang poin. Memulai balapan dari posisi keempat, Quartararo akhirnya harus puas finish di urutan ke-17 dan gagal mendapatkan poin.

Namun Quartararo saat ini masih di puncak klasemen sementara MotoGP 2022 dengan perolehan 219 poin. Perebutan poin selanjutnya akan berlangsung pada seri balap MotoGP Australia 2022 di Sirkuit Phillip Island, 14-16 Oktober.

Hasil 5 Besar MotoGP Thailand 2022

1. Miguel Oliveira - 41 menit 44,503 detik.

2. Jack Miller +0.730

3. Francesco Bagnaia +1.968

4. Johann Zarno +2.490

5. Marc Marquez +2.958

Klasemen MotoGP Usai GP Thailand 2022

1. Fabio Quartararo (Yamaha) - 219 poin

2. Francesco Bagnaia (Ducati) - 217

3. Aleix Espargaro (Aprilia) - 199

4. Enea Bastianini (Gresini Racing) - 180

5. Jack Miller (Ducati) - 179

6. Brad Binder (KTM) - 154

7. Johann Zarco (Pramac) - 151

8. Miguel Oliveira (KTM) - 131

9. Jorge Martin (Pramac) - 127

10. Maverick Vinales (Aprilia) - 122