JUARA BERTAHAN BAGNAIA TAMPIL SEMPURNA DI MOTOGP PORTUGAL 2023

Dunia balap motor kembali bergeliat dengan dimulainya musim MotoGP 2023. MotoGP Portugal yang digelar di Sikruit Portimao pada Minggu (26/3) menjadi balapan perdana musim ini. Juara bertahan Francesco Bagnaia sukses menjuarai seri pembuka. Bagnaia finis dengan catatan waktu 41 menit 25,401 detik.

Sebelumnya Bagnia juga tampil apik menjadi yang tercepat pada Sprint Race yang digelar di hari Sabtu, satu hari jelang balapan utama. Bila di musim-musim sebelumnya para pembalap hanya bisa meraih poin di race day alias hari balapan, kini Sprint Race jadi sarana tambahan bagi pembalap untuk meraih poin.

Sprint Race digelar setelah kualifikasi pertama dan kedua selesai dilakukan. Meski terbilang baru dan jumlah lap cuma setengah dari balapan normal (termasuk juga untuk jumlah pointnya), sprint race Portugal ini menghadirkan persaingan sengit. Bahkan lima rider harus crash, termasuk Bastianini.

Race day MotoGP Portugal, Bagnaia langsung tancap gas begitu start dan merangsek memimpin balapan setelah melewati Miguel Oliveira pada lap kedua. Bagnaia terus memimpin balapan sampai berjalannya balapan hingga lap kelima. Namun Pecco dibuntuti Vinales yang menempati posisi kedua.

Posisi ketiga ditempati Bezzecchi yang berada di depan Alex Marquez yang menempati posisi keempat. Hanya saja Bezzecchi terpaut lebih dari 1,5 detik dari Vinales. Kondisi yang tidak menyenangkan dialami Fabio Quartararo. El Diablo tidak mampu bersaing untuk naik podium karena hanya berada di peringkat ke-10 dengan 10 lap tersisa.

Persaingan Bagnaia dan Vinales kembali memanas memasuki tujuh lap tersisa. Vinales kini hanya terpaut 0,708 detik dari Bagnaia yang terus memimpin balapan MotoGP Portugal.

Mendekati akhir balapan, Bezzecchi yang menempati posisi ketiga bisa menjauh dari Alex Marquez, dan berhasil mengunci posisi ketiga.

Sementara itu, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tak mampu menyelesaikan balapan MotoGP Portugal. Marquez menabrak Miguel Oliveira (WithU Aprilia RNF MotoGP Team) pada lap ketiga MotoGP Portugal.

Marquez yang tampil agresif terlambat melakukan pengereman saat memasuki tikungan ketiga Sirkuit Portimao. Alhasil motor yang ditunggangi Marquez menabrak motor Oliveira dengan kencang dari bagian samping kanan. Marquez dan Oliveira terjatuh dan tak mampu melanjutkan balapan. Marquez lantas bangkit dan menghampiri Oliveira. Selain itu, the Baby Alien juga memperlihatkan gestur minta maaf kepada penonton yang hadir.

Akibat insiden tersebut Marc Marquez mendapat sanksi berupa double long lap penalty pada seri selanjutnya, yakni MotoGP Argentina 2023, 2 April mendatang. Sanksi ini diumumkan melalui unggahan di akun Twitter MotoGP seusai balapan MotoGP Portugal 2023

"Pebalap MotoGP Marc Marquez telah diberikan double long lap penalty untuk balapan MotoGP (Minggu) di GP Argentina karena terlalu agresif dan menyebabkan kecelakaan yang juga melibatkan rider nomor 88 (Miguel Oliveira)," demikian pengumuman di akun Twitter MotoGP.

Marc Marquez mengakui bahwa kecelakaan dengan Miguel Oliveira terjadi karena kesalahannya. Dia menerima hukuman double long lap yang telah diberikan.

"Saya meminta maaf kepada Miguel. Memang benar itu sepenuhnya kesalahan saya dan itulah mengapa saya dihukum untuk Grand Prix berikutnya di Argentina dengan double long lap," kata Marc Marquez, dikutip dari Motosan.es

Klasemen MotoGP 2023 Usai GP Portugal

1. Pecco Bagnaia 37 poin

2. Maverick Vinales 25 poin

3. Marco Bezzecchi 16 poin

4. Johann Zarco 15 poin

5. Jack Miller 15 poin

6. Alex Marquez 16 poin

7. Aleix Espargaro 11 poin

8. Brad Binder 10 poin

9. Jorge Martin 9 poin

10. Fabio Quartararo 8 poin