Jorge Martin Juara – Marc Marquez Mundur Di MotoGP Jerman 2023

Balapan utama seri ketujuh MotoGP 2023 itu dilangsungkan di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pada Minggu (18/6/2023) malam WIB. Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, berhasil memenangi balapan MotoGP Jerman 2023 ini. Dia menyelesaikan balapan MotoGP Jerman 2023 dengan catatan waktu 40 menit 52,449 detik, diikuti Francesco Bagnaia di nomor kedua dan Johann Zarco di tempat ketiga.

Jorge Martin mengawali balapan dengan sempurna, ia langsung tancap gas dan berada di urutan terdepan hingga balapan memasuki lap keenam. Sementara itu, Francesco Bagnaia dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46) masih membuntuti Martin di posisi kedua dan ketiga.

Di sisi lain, perebutan posisi keempat berlangsung sengit antara Brad Binder (KTM RedBull) dan Luca Marini (Mooney VR46). Mereka saling salip menyalip untuk mengamankan posisi keempat di awal balapan.

Masuki lap ke-10, Jorge Martin terus berada di depan dan ditempel oleh Francesco Bagnaia. Brad Binder melesat ke posisi ketiga setelah menyusul Luca Marini. Bagnaia makin dekat mengejar Martin. Di lap ke-14, rider Ducati itu tempel dengan selisih waktu lebih sedikit, 0,2 detik!

Brad Binder sempat nyaman berada di posisi ketiga. Apes buatnya, dirinya terjatuh di sektor 3 dan harus sudahi balapan.  Alhasil Johann Zarco naik ke posisi ketiga.

Tiga lap terakhir, Martin dan Bagnaia terus ketat. Bagnaia coba lakukan counter attack, tapi Martin dengan cermat menutup ruang. Masuki lap terakhir, ban depan Bagnaia kenai ban belakang Martin! Sedikit kontak tersebut tidak membuat laju kedua rider berhenti dan terus memacu motornya. Hinga akhirnya Jorge Martin menutup balapan sebagai yang terdepan.

Balapan MotoGP Jerman 2023 pun tidak dimeriahkan oleh aksi pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez. Marc Marquez tidak ikut serta dalam balapan karena sedang mengalami cedera. Marquez terjatuh pada pemanasan yang berlangsung pada sesi Warm Up, Minggu sore. Ini adalah kali kelima dia mengalami crash di MotoGP Jerman 2023.

Marc Marquez sejatinya telah diizinkan untuk tetap tampil setelah menjalani perawatan dan pemeriksaan bersama tim medis. Namun, Marc Marquez merasa tidak siap secara fisik sehingga memutuskan mundur dari balapan MotoGP Jerman 2023 yang berlangsung sepanjang 30 lap tersebut.

“Saya tidak merasa siap untuk balapan,” kata Marc Marquez dikutip dari laman resmi MotoGP, Minggu (18/6/2023).

Klasemen MotoGP 2023

1. Francesco Bagnaia 160 poin

2. Jorge Martin 144

3. Marco Bezzecchi 126

4. Johann Zarco 109

5. Brad Binder 96

6. Luca Marini 89

7. Jack Miller 79

8. Fabio Quartararo 57

9. Aleix Espargaro 55

10. Maverick Vinales 53