JOAN MIR MENGUNCI GELAR JUARA DUNIA DI MOTOGP VALENCIA 2020

MotoGP Valencia 2020 selesai dilaksanakan kemarin Minggu (15/11/2020) di Sirkuit Ricardo Tormo. Putaran terakhir MotoGP di Valencia ini menyajikan duel seru terutama di lap terakhir antara Franco Morbideli dan Jack Miller untuk memperebutkan podium pertama.

Selepas start, Jack Miller memimpin, tapi dia melebar di tikungan pertama. Morbidelli pun mengambil alih posisi teratas, dengan Joan Mir diposisi ke-11. Lap pertama masih dipimpin oleh Franco Morbidelli, kemudian diikuti oleh Jack Miller dan Pol Espargaro di urutan ketiga. Persaingan di grid atas masih diramaikan antara ketiga pembalap tersebut,

Memasuki putaran kelima, Franco Morbidelli masih tampil solid di posisi terdepan meski masih dibuntuti dengan ketat oleh Jack Miller di urutan kedua. Berselang satu lap kemudian, nasib sial dialami Johann Zarco dari Esponsorama Racing yang mengalami crash tatkala melaju di tikungan 1 saat menduduki posisi keenam.

Mimpi buruk Fabio Quartararo benar-benar hadir di lap kesembilan, ia tersungkur di area gravel saat melintasi tikungan 6, sebelumnya Quartararo sempat kehilangan banyak waktu karena melebar di tikungan kedua lap pertama. Pupus sudah peluang Quartararo meraih gelar MotoGP 2020.

“Rasa nyaman sudah hilang sejak balapan di Le Mans. Kami mencoba bekerja sebaik mungkin, tapi kami tidak cukup cepat,” kata El Diablo (julukan Quartararo) seperti dikutip Motorsport.com

Tidak ada perubahan berarti saat balapan menyisakan 10 putaran terakhir, Franco Morbidelli masih berada di urutan pertama. Sedangkan, Jack Miller dan Pol Espargaro secara berurutan menduduki posisi kedua dan ketiga.

Tak berselang lama, Takaaki Nakagami yang sedang berada di posisi keempat kembali membuang kesempatan merebut podium karena mengalami crash di tikungan 14. Kondisi tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi Joan Mir yang naik satu tingkat di urutan ketujuh setelah cukup lama tidak bisa beranjak dari posisi sebelumnya.

Franco Morbidelli mengakhiri balapan menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 41 menit 22,478 detik. Finis di belakangnya ada Jack Miller posisi kedua dan Pol Espargaro posisi ketiga.

Sementara itu, pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 meski tak finis di posisi podium. Hasil finis di urutan ketujuh sudah cukup untuk mengantar Mir menyegel titel juara dunia musim ini.

Tambahan 9 poin membuat Mir kini punya 171 poin, unggul 29 poin dari Morbidelli. Selisih poin tersebut sudah tidak bisa lagi dikejar karena kejuaraan dunia MotoGP 2020 hanya menyisakan satu seri lagi di Sirkuit Portimao, Portugal, pada pekan depan.

Congratulation Joan M1R for MotoGP 2020 Champion!