Hasil MotoGP Italia 2021 Banyak Drama Crash Sepanjang Balapan

Seri keenam MotoGP 2021 digelar di Sirkuit Mugello, Minggu (30/5/2021). Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo berhasil tampil dominan dan memenangkan balapan MotoGP Italia 2021 semalam.

Sebelum balapan dimulai, para rider MotoGP melakukan penghormatan untuk pebalap Moto3 Jason Dupasquier yang meninggal dunia akibat kecelakaan pada sesi kualifikasi 2 (Q2) Moto3 di Sirkuit Mugello, Sabtu (29/5/2021). Pebalap berusia 19 tahun itu mengalami kecelakaan yang melibatkan beberapa rider di Tikungan 9 dan 10 Sirkuit Mugello.

Starting grid terdepan MotoGP Italia ditempati Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), Francesco Bagnaia (Ducati), dan Johann Zarco (Pramac Racing). Sementara itu, dua ikon MotoGP Marc Marquez dan Valentino Rossi memulai dari luar 10 besar. Marquez start dari posisi ke-11, sedangkan Rossi dari urutan ke-19.

Ada kejadian unik sebelum ajang balapan MotoGP Italia 2021 dimulai. Ena Bastianini (Avintia Esponsorama) mengalami crash saat para pebalap mengakhiri warm up lap dan sedang menempatkan diri di grid. Berdasarkan tayangan ulang, ternyata Bastianini menabrak Johan Zarco yang mengerem mendadak di tengah lintasan, akibatnya bagian belakang GP12 itu rusak, sementara Bastianini dan motornya terjatuh. Balapan tetap dimulai dengan Bastianini harus menyusul dari posisi paling belakang.

Baru dua lap terlewati, Marc Marquez crash lagi setelah terlibat senggolan dengan Brad Binder. Sejak comeback di MotoGP pada seri Portugal, Marquez belum bisa menunjukkan kiprah yang luar biasa. Alih-alih bangkit di balapan berikutnya, Marquez justru tercecer ke urutan sembilan di MotoGP Spanyol. Kemudian, di MotoGP Prancis 2021, nasibnya sama seperti balapan kali ini, yakni gagal finis.

Tak lama berselang, Francesco Bagnaia yang sedang asyik memimpin juga mengalami kecelakaan. Crash tersebut juga membuat pimpinan balapan kembali ke pangkuan Fabio Quartararo, yang diikuti dengan ketat oleh Johann Zarco.

Sementara itu, Jack Miller yang berada di posisi keempat mendapat tekanan dari dua pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins dan Joan Mir. Di sisi lain, Valentino Rossi masih berjuang untuk mendekati posisi 10 besar dan untuk sementara menempati urutan ke-15.

Memasuki lap 20, Sirkuit Mugello lagi-lagi menelan korban. Alex Rins yang sedang berjuang untuk menyalip Joan Mir di posisi ketiga mengalami crash. Sementara Quartararo semakin nyaman memimpin balapan, Oliveira dan Joan Mir bersaing demi posisi runner-up.

Hingga balapan berakhir, Fabio Quartararo pun sukses memastikan kemenangan di MotoGP Italia 2021. Ini merupakan kemenangan ketiga Quartararo musim ini setelah MotoGP Doha dan Portugal. Sementara itu, Miguel Oliveira dan Joan Mir berurutan finis di posisi kedua dan ketiga.

Uniknya, Mir sempat terlihat mempunyai keuntungan karena penalti yang didapat Oliveira. Dia akhirnya finis kedua, Oliveria ketiga. Tapi, keputusan itu akhirnya dianulir karena Mir juga kena penalti.

 

Berikut hasil MotoGP Italia 2021

1. Fabio Quartararo  (Monster Yamaha)

2 Miguel Oliveira  (Red Bull KTM )

3 Joan Mir  (Suzuki Ecstar )

4 Johann Zarco (Pramac Ducati )

5 Brad Binder( Red Bull KTM )

6 Jack Miller (Ducati Team )

7 Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)

8 Maverick Viñales ( Monster Yamaha)

9 Danilo Petrucci (KTM Tech3 )

10 Valentino Rossi ( Petronas Yamaha )

11 Iker Lecuona ( KTM Tech3 )

12 Pol Espargaro ( Repsol Honda )

13 Michele Pirro (Pramac Ducati)

14 Alex Marquez ( LCR Honda)

15 Lorenzo Savadori ( Aprilia Gresini )

16 Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)

17 Luca Marini (VR46 Avintia Ducati )

 

Pembalap Tidak Finish

Takaaki Nakagami (LCR Honda )

Alex Rins  (Suzuki Ecstar)

Marc Marquez (Repsol Honda )

Francesco Bagnaia ( Ducati Team )

Enea Bastianini (Avintia Ducati )