Francesco Bagnaia Back 2 Back Juara Dunia MotoGP 2023

Pecco Bagnaia sukses mengakhiri MotoGP 2023 sebagai juara di MotoGP Valencia 2023 yang berlangsung di Sikruit Rocardo Tormo, Valencia (26/11/2023). Kemenangan ini membuat Bagnaia menjadi juara Dunia di musim ini.

Pada balapan terakhir MotoGP 2023 ini ada sorotan khusus kepada Bagnaia dan rival terdekatnya, Jorge Martin. Kedua pebalap ini bersaing untuk menjadi juara dunia MotoGP 2023. Saat balapan dimulai, Bagnaia tampil cemerlang ia langsung melesat dan menjaga posisinya di depan. Sementara Jorge Martin memulai race dari posisi ke-6 melaju ke posisi ke-4 menempel Bagnaia.

Jorge Martin yang bernafsu untuk melakukan overtake terhadap Bagnaia di tikungan pertama, melakukan kesalahan ketika ia melebar. Bukannya berhasil merebut pemimpin lomba, sang pembalap Spanyol justru kehilangan posisinya. Dia kembali ke lintasan sebagai urutan kedelapan, dan tidak bisa lagi memberi tekanan kepada Pecco.

Nasib sial Jorge Martin bertambah. Ia tak bisa menuntaskan balapan karena terjatuh pada tikungan pertama seusai menabrak bagian belakang motor Marc Marquez saat ia tengah agresif mengejar posisi. Marc Marquez bahkan sampai terlempar dari atas motor.

Jatuhnya Jorge Martin secara praktis mengakhiri peluangnya untuk menyalip Bagnaia. Jarak 14 poin tidak mungkin dipotong lagi. Meski sudah memastikan gelar juara dunia di lap keenam, Bagnaia tak mengendurkan gas dan terus melaju untuk meraih juara dunia.

Posisi pimpinan balapan sempat dipegang oleh Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing). Ia diikuti oleh Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing). Namun, ini tidak bertahan lama. Setelah Binder melakukan kesalahan yang membuatnya turun ke posisi 6, Miller mengalami masalah.

Posisi puncak diambil alih oleh Bagnaia, Ia sempat mendapat perlawanan dari Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing) di lap terakhir, tapi tetap bisa melintasi garis finis pertama kali, Fabio posisi kedua, dan  Johann Zarco mengakhiri balapan di posisi ketiga.

Keberhasilan Bagnaia jadi juara dunia ini juga turut mematahkan mitos soal nomor 1 di balapan MotoGP. Sebab selama ini tidak ada pebalap yang mampu mempertahankan gelar juara dunia dengan nomor tersebut. Bagnaia merupakan pembalap ketiga di era modern MotoGP (bergulir sejak 2002) yang mampu meraih gelar dunia secara back-to-back, yakni setelah Valentino Rossi dan Marc Marquez.

"Fantastis sekali bisa menyamai catatan mereka (Marquez dan Rossi). Memakai nomor 1 di motor berarti harus terus menang, finis kedua itu seperti kalah. Saya bangga dengan pencapaian musim lalu, tapi lebih bangga dengan musim ini karena saya bisa mempertahankan sekalipun membuat banyak kesalahan dan bernasib sial," ujar Bagnaia di GPOne.

HASIL RACE MOTOGP VALENCIA 2023, MINGGU (26/11/2023):

1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 40 menit 58,535 detik

2. Fabio Di Giannantonio (Gresini) +0,176 detik*

3. Johann Zarco (Prima Pramac) +0,360

4. Brad Binder (Red Bull KTM) +2,347

5. Raul Fernandez (CryptoDATA RNF Aprilia) +4,636

 

Hasil Klasemen MotoGP 2023 (setelah Valencia GP)

1. Fransesco Bagnaia (467 poin)

2. Jorge Martin (428 poin)

3. Marco Bezzechi (329 poin)

4. Bard Binder (290 poin)

5. Johan Zarco (221 poin)