“DRAMATIS”, PENUTUP PARUH MUSIM MOTOGP 2022 BELANDA

Rider Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia meraih kemenangan dominan di MotoGP Belanda yang berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2022) malam WIB.

Jalannya balapan race kesebelas ini dipenuhi drama crash beberapa pembalap. Drama pertama terjadi saat Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo terlibat insiden di tikungan kelima.

Quartararo membuat kesalahan pertamanya tahun ini, Ia mengalami lowside sampai meluncur keluar lintasan. Insiden ini membuat Aleix Espargaro terimbas ikut keluar trek, walaupun tak sampai jatuh. Posisi mereka pun merosot. Aleix Espargaro kini di posisi ke-15, sedangkan Fabio Quartararo di tempat ke-24.

Tim Yamaha meminta Quartararo untuk masuk garasi pada lap 10. Tapi juara bertahan MotoGP itu memilih untuk kembali masuk trek. Namun nasib naas untuk Quartararo, Ia kembali jatuh di tikungan kelima lap ke-14. Bahkan kecelakaan kedua lebih buruk karena Quartararo berusaha menahan insiden highside hingga akhirnya terpental.

Crash lainnya dialami oleh Franco Morbidelli yang terjatuh ditempat yang sama dengan Quartararo. Yamaha tidak beruntung pada balapan kali ini karena dua pembalapnya mengalami crash.

Tim Repsol Honda pun tidak beruntung di balapan MotoGP Belanda ini, sudah kehilangan Marc Marquez yang absen hingga akhir musim, lalu mundurnya Pol Espargaro dikarenakan kondisi fisik belum pulih 100% karena cedera tulang rusuk disesi FP1 MotoGP Jerman akhir pekan lalu, pembalap pengganti Stefan Bradl belum juga tampil memuaskan karena dari 3 balapan yang diikuti belum mengumpulkan poin sama sekali.

Pertarungan sengit terjadi dalam perebutan podium. Jack Miller tampak bertarung dengan Maverick Vinales yang ada di posisi ketiga saat balapan tersisa dua lap lagi. Disisi lain Francesco Bagnaia masih memimpin balapan dengan cukup nyaman. Pecco mampu menjaga jarak dari Marco Bezzecchi yang ada di posisi kedua dengan sangat baik.

Francesco Bagnaia keluar sebagai pemenang. Dia diikuti oleh Marco Bezzecchi, Maverick Vinales, dan Aleix Espargaro yang tampil luar biasa dengan menyalip Jack Miller.

Bagnaia menyelesaikan 26 lap dengan catatan waktu 40 menit 25,205 detik. Pecco Bagnaia juga mampu mencatatkan rekor baru. Dia menjadi pebalap pertama Ducati yang menang di MotoGP Belanda sejak 2008 dilakukan oleh Casey Stoner.

5 Besar Klasemen Sementara MotoGP 2022

  1. Fabio Quartararo – 172 poin
  2. Aleix Espargaro – 151 poin
  3. Johan Zarco – 114 poin
  4. Francesco Bagnaia – 106 poin
  5. Enea Bastianini – 105 poin