Aleix Espargaro Rebut Puncak Klasemen Sementara MotoGP 2022

Hasil race MotoGP Argentina 2022 dimenangkan oleh pembalap Tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro yang tampil sangat memukau di Sirkuit Termas de Rio Hondo, pada Senin (4/4/2022) dini hari WIB. Hasil yang diraih Espargaro menjadi kemenangan pertama untuknya di ajang balap Grand Prix dan bahkan menjadi podium pertama untuk Aprilia di kelas MotoGP.

Perjuangan tanpa mengenal lelah yang diperlihatkan Aleix Espargaro akhirnya membuahkan hasil berupa podium tertinggi di Argentina. Ketika start, Aleix Espargaro yang berada di pole position justru mampu disalip oleh Jorge Martin. Pembalap Pramac Ducati itu dengan cepat langsung memimpin balapan, bahkan jarak yang ia diciptakan terbilang jauh. Espargaro lantas terus membuntuti Martin dan ikut memberikan jarak kepada posisi ketiga.

Menariknya disaat yang lain mencoba untuk menguasai posisi depan, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) malah tertinggal, dari awalnya berada di urutan keenam menjadi berada di posisi ke-13. Pada lap kelima, nasib apes menimpa Johan Zarco yang harus mengalami crash pada tikungan kedua di atas lintasan. Alex Rins berhasil mengambil alih posisi ketiga setelah memanfaatkan penetrasi Pol Espargaro yang melebar pada lap keenam.

Posisi Jorge Martin masih belum tergoyahkan ketika balapan telah menyelesaikan 12 lap, Aleix Espargaro terus membunti di belakangnya. Perlahan namun pasti, Aleix Espargaro mulai mengurangi selisih waktu dengan Martin yang berada di posisi terdepan.

Repsol Honda kembali mendapat nasib apes lantaran Pol Espargaro malah terjatuh pada lap ke-14. Espargaro sama-sama mengalami insiden crash pada tikungan kedua, hampir sama dengan momen jatuhnya Zarco pada lap awal balapan. Jatuhnya Espargaro membuat Alex Rins sementara naik ke urutan ketiga dan mencoba mendekati Aleix Espargaro.

Pada lima lap terakhir, Aleix Espargaro lantas sukses memimpin balapan usai melewati Martin. Namun, rider Aprilia itu masih belum bisa bersantai karena Martin terus membuntutinya tepat di belakang. Sementara Rins terus membayangi di posisi ketiga.

Pada akhirnya, posisi tak berubah dan Espargaro rebut kemenangan pertamanya di kelas MotoGP. Kemenangan yang dicetak Espargaro makin terasa istimewa, lantaran bertepatan start ke-200 di Grand Prix. Selain itu, P1 di Termas de Rio Hondo merupakan sejarah bagi Spaniard dan Aprilia pada era MotoGP. Membawa pulang angka penuh, Espargaro mengambil alih posisi puncak klasemen dengan koleksi 45 poin. Dia unggul tujuh poin atas Brad Binder (KTM), serta sembilan angka dari Enea Bastianini (Gresini Racing).

5 besar hasil MotoGP Argentina 2022

  1. Aleix Espargaro (Aprilia Racing)
  2. Jorge Martin (Pramac Racing)
  3. Alex Rins (Suzuki Esctar)
  4. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
  5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)