Akhirnya Fabio Quartararo Rebut Juara Di MotoGP Portugal 2022

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, akhirnya meraih kemenangan di MotoGP 2022. Quartararo menuntaskan balapan 25 lap di MotoGP Portugal 2022, di Sirkuit internasional Algarve, Minggu 24 April 2022 malam WIB dengan total waktu 41 menit 39,611 detik.

“Itu adalah salah satu akhir pekan terbaik bagi saya sejak saya membalap di MotoGP, hari ini saya tahu saya memiliki kecepatan yang bagus, tapi saya terkejut bisa begitu cepat dalam balapan. Saya senang dengan cara saya mengelolanya” kata Fabio Quartararo, dilansir dari GPOne, Senin (25/4/2022).

Saat bendera start dikibarkan, awalnya pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir mampu memimpin balapan selama 5 putaran. Tetapi, tekanan keras dari Fabio Quartararo membuat pembalap Prancis tersebut berhasil merebut posisi satu pada saat balapan berjalan 6 putaran

Petaka terjadi di putaran ke-10 bagi pemuncak klasemen sementara MotoGP 2022, Enea Bastianini dari tim Gresini Ducati. Akibat menikung terlalu tajam, Bastianini mengalami lowside dan terjatuh sehingga kehilangan posisi pemimpin klasemen miliknya.

Nasib sial lainnya dirasakan oleh Joan Mir dan Jack Miller. Saat Mir bertarung dengan Jack Miller untuk peringkat ketiga di putaran ke-19, Miller yang terlalu memaksa, malah lowside dan menyeret Joan Mir bersamanya. Akibatnya, Mir dan Miller kehilangan posisi tiga yang langsung direbut dengan mudah oleh pembalap Aprilia, Aleix Espargaro.

Hal lain dengan Marc Marquez, mengawali balapan di posisi kesembilan, Marquez tampak kesulitan menyalip para rider yang berada di depannya. Hingga balapan menyisakan tiga lap lagi, Marquez pun berada di posisi ketujuh, peringkatnya bisa naik karena adanya rider didepannya yang terjatuh. Hingga balapan ingin berakhir, Marquez hanya bisa menyalip satu pembalap, yakni adiknya sendiri, Alex Marquez (LCR Honda). Sehingga The Baby Alien harus puas mengakhiri balapan di posisi keenam.

Sampai balapan usai, posisi terdepan mampu dipertahankan hingga akhir balapan oleh Quartararo, diikuti oleh pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco di posisi kedua. Sedangkan podium ketiga menjadi milik rider Aprilia, Aleix Espargararo.

Kemenangan di MotoGP Portugal membawa Quartararo melesat ke puncak klasemen pembalap. Quartararo kini mengoleksi 69 poin dari lima seri yang telah berlangsung. Quartararo memiliki jumlah poin yang sama dengan pembalap Suzuki, Alex Rins. Quartararo dan Rins diikuti oleh Aleix Espargaro dengan 66 poin.

Klasemen MotoGP 2022 Usai Fabio Quartararo Juara di MotoGP Portugal

  1. Fabio Quartararo 69
  2. Alex Rins 69
  3. Aleix Espargaro 66
  4. Enea Bastianini 61
  5. Johann Zarco 51
  6. Joan Mir 46
  7. Brad Binder 42
  8. Miguel Oliveira 39
  9. Jack Miller 31
  10. Francesco Bagnaia 31