Tips Pengecekan Kendaraan Sebelum Mudik

Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba, banyak dari Yuasa Lovers yang akan lakukan perjalanan mudik untuk menemui keluarga dan kerabat di kampung halamannya.

Bagi Yuasa Lovers yang akan menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik, sebaiknya lakukan pengecekan pada kendaraan untuk menghindari kerusakan pada bagian komponen tertentu, walapun kendaraan terlihat baik-baik saja namun jangan sampai lengah.

Berikut beberapa tips cek kendaraan sebelum mudik.

1. Periksa Mesin

Pastikan mesin kendaraan dalam kondisi baik dengan memeriksa level oli mesin, air pendingin, dan cairan lainnya. Perhatikan juga apakah ada kebocoran atau tanda-tanda kerusakan pada mesin.

2. Cek Tekanan Ban

Periksa tekanan udara di setiap ban menggunakan alat pengukur tekanan udara yang sesuai, jangan sampai terlalu tinggi atau terlalu rendah. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan pengendara dan penumpang, khususnya ketika melewati jalanan dengan permukaan tidak rata.

3. Periksa Sistem Rem

Pastikan rem kendaraan berfungsi dengan baik. Periksa ketebalan kampas rem dengan memeriksa melalui lubang inspeksi pada kaliper rem atau dengan membuka roda jika perlu.

4. Kondisi Air Radiator

Untuk Yuasa Lovers yang menggunakan mobil, cek kondisi air radiator. Melakukan perjalanan yang jauh hingga ratusan kilometer dapat membuat mesin kendaraan rentan panas. Namun, dengan adanya air radiator, maka mesin dapat berada di tingkatan suhu yang tepat. Hal ini dapat diperoleh dengan kinerja sistem radiator yang baik.

5. Cek Kondisi Kelistrikan

Pastikan semua lampu, lampu rem, lampu sein, lampu hazard, serta klakson berfungsi dengan baik. Periksa juga kondisi kabel-kabel, aki, dan terminal kelistrikan agar tidak ada kebocoran arus listrik yang berbahaya.

Jika aki kendaraan sudah mulai soak segera ganti dengan yang baru atau bisa persiapkan untuk stock sebelum aki kendaraanmu mati.

Yuasa Battery memiliki semua jenis tipe aki untuk mobil dan motor, diantaranya aki mobil Pafecta, aki mobil Maintenance Free (MF), aki mobil Heavy Duty (HD), aki motor Yumicron/Conventional, aki motor Maintenance Free (MF), dan aki motor gede (moge).

Yuasa lovers bisa mengecek kesediaan aki Yuasa di Yuasa App atau di online store official Yuasa.

Dengan melakukan pengecekan kendaraan sebelum mudik, Yuasa Lovers dapat meminimalkan risiko terjadi masalah selama perjalanan. Jika tidak yakin melakukan pengecekan sendiri, dapat membawa kendaraan ke bengkel untuk pemeriksaan lebih mendalam.

Apabila Yuasa Lovers membutuhkan penggantian aki bisa segera lakukan pembelian karena semua online store Yuasa akan tutup di tanggal 4 – 13 April 2024.

Selamat berlibur dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Yuasa Lovers!