Hasil MotoGP Malaysia 2022: Selangkah Menuju Juara Bagi Pecco Bagnaia

Francesco Bagnaia mencatatkan kemenangan ketujuh musim ini pada MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2022). Sedangkan, Enea Bastianini (Gresini Racing) mengekor di posisi kedua dan diikuti oleh pembalap Yamaha Monster Energy, Fabio Quartararo yang berada di urutan ketiga.

Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo bersaing ketat sejak awal balapan, start di urutan kesembilan, Francesco Bagnaia tampil menggila dan langsung merangsek ke posisi kedua di awal balapan.

Sementara itu, tak ingin kalah, Fabio Quartararo berhasil merangsek ke urutan kelima setelah memulai balapan dari posisi ke-12. Sedangkan Jorge Martin yang berada di pole position terus menjaga konsistensinya hingga balapan berjalan memasuki lap ketiga.

Di sisi lain, Marc Marquez yang sempat memulai balapan dari posisi ketiga, harus melorot ke peringkat keempat.

Insiden terjadi ketika memasuki putaran keenam, Jorge Martin yang berada diposisi pertama justru mengalami kecelakaan dan terjatuh. Moment ini menjadi keuntungan bagi Pecco Bagnaia, ia berhasil melesat ke posisi pertama, Pecco cukup konsisten mempertahankan posisi pertama.

Sementara Marc Marquez makin terpuruk. Tak cukup disalip oleh Quartararo, ia harus rela berada di bawah Marco Bezzechi. Tak butuh waktu lama bagi Joan Mir untuk ikut-ikitan menggeser Marquez. Joan Mir berhasil merangsek ke urutan lima di lap ke-10.

Alex Rins mulai menunjukkan taringnya di lap 12. Ia naik ke posisi enam, meninggalkan Marquez yang kian terlempar ke belakang. Pembalap asal Spanyol mencoba bangkit di lap 13 dengan merebut kembali urutan enam

Pertarungan masih berjalan sengit di enam lap terakhir. Bagnaia dan Bastianini bersaing memperebutkan tempat pertama. Namun, dominasi Bagnaia terlalu sulit untuk dipatahkan. Bastianini belum mampu menggesernya kembali.

Adapun perubahan signifikan tak terjadi di posisi tiga sampai enam. Bezzechi bertengger di urutan empat, tepat di bawah Quartararo. Alex Rins menyusul di posisi lima, diikuti oleh Marc Marquez yang tak kunjung mampu mengubah situasi.

Marc Marquez menekankan kalau hasil yang didapatnya itu bukan karena fisiknya yang belum pulih maksimal. Melainkan memang Sirkuit Sepang benar-benar merupakan sirkuit yang membuat dirinya sangat menderita.

“Sirkuit ini adalah salah satu yang terburuk bagi saya karena dua alasan. Pertama untuk gaya berkendara saya dan kedua untuk motornya, sirkuit Sepang lebih menderita daripada di Jepang” ungkap Marc Marquez, dikutip dari Motosan, Senin (24/10/2022).

Tak ada lagi perubahan signifikan di posisi lima besar pada lap terakhir. Bagnaia mampu mengamankan posisinya sekaligus mengunci kemenangan di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Dengan hasil ini, Francesco Bagnaia kian mendekati juara dunia MotoGP 2022. Saat ini Pecco (julukan Francesco Bagnaia) kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 258 poin, unggul 23 poin dari Fabio Quartararo.

Hasil 5 Besar MotoGP Malaysia 2022

  1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo
  2. Enea Bastianini ITA Gresini Racing
  3. Fabio Quartararo FRA Monster Energy Yamaha
  4. Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Racing
  5. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar

Klasemen Sementara MotoGP 2022 usai GP Malaysia

  1. #63 Francesco Bagnaia - Ducati Lenovo Team - Ducati - 258
  2. #20 Fabio Quartararo - Monster Energy Yamaha MotoGP - Yamaha - 235
  3. #41 Aleix Espargaro - Aprilia Racing - Aprilia - 212
  4. #23 Enea Bastianini - Gresini Racing MotoGP - Ducati - 211
  5. #43 Jack Miller - Ducati Lenovo Team - Ducati - 189
  6. #33 Brad Binder - Red Bull KTM Factory Racing - KTM - 168
  7. #5 Johann Zarco - Prima Pramac Racing - Ducati - 166
  8. #42 Alex Rins - Team SUZUKI ECSTAR - Suzuki - 148
  9. #88 Miguel Oliveira - Red Bull KTM Factory Racing - KTM - 138
  10. #89 Jorge Martin - Prima Pramac Racing - Ducati - 136