HASIL MOTOGP ITALIA 2022 : BAGNAIA TAMPIL GEMILANG & MARQUEZ AKHIRI PERJUANGAN MUSIM INI

Francesco Bagnaia mencetak kemenangan kedua pada ajang MotoGP 2022. Kepastian itu didapat setelah menaklukan Sirkuit Mugello, Minggu (29/5/2022).

Francesco Bagnaia sukses tampil gemilang dihadapan kandang sendiri dengan menorehkan waktu tercepat mengalahkan dua pesaingnya. Bagi Bagnaia, ini merupakan kemenangan keduanya di ajang MotoGP 2022. Sebelumnya ia pernah berdiri gagah di podium pertama saat menjalani balapan di Jerez.

Kemenangan kandang ini juga membayar lunas kegagalan Bagnaia naik podium di Prancis beberapa waktu lalu setelah mengalami DNF.

Posisi kedua dihuni rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo yang kemudian diikuti Aleix Espargaro (Aprilia). Khusus bagi Aleix Espargaro, ini menjadi podium keempat secara beruntun untuk posisi ketiga.

Di sisi lain, Marc Marquez yang memulai balapan dari posisi ke-12, secara cepat mulai menusuk ke papan tengah. Marquez sempat masuk di posisi ketujuh, tetapi Ia tak bisa mempertahankan posisi terlalu lama. Kemudian posisinya turun dua peringkat menjadi 11. Balapan menyisakan empat putaran, Marc Marquez naik ke posisi 10.

Ia bersaing sengit dengan Miguel Oliveira (Red Bull KTM) untuk peringkat kesembilan. Marquez hanya terpaut 0,22 detik dari Oliveira. Pada akhirnya Marquez harus rela finis di posisi ke-10 saat balapan usai. Marquez mengakui bahwa balapan MotoGP Italia adalah balapan yang sulit. Dia hanya menikmati balapan pada 6-7 lap pertama.

Perjuangan pembalap berjuluk The Baby Alien itu layak mendapat apresiasi. Karena dirinya harus menahan rasa sakit lantaran cedera yang dideritanya. Setelah balapan usai, Marquez pun dijadwalkan bertolak ke Amerika Serikat untuk menjalani operasi humerus tangan kanannya. Diketahui, proses pemulihannya cukup lama yakni sekitar 6 bulan.

Tiga operasi sebelumnya dilakukan Marc Marquez pada 21 Juli 2020, 3 Agustus 2020, dan 3 Desember 2020. Marquez pun memilih mundur dari sejumlah seri pada MotoGP 2022 demi menjalani pemulihan secara bertahap.

10 Besar klasemen sementara MotoGP 2022:

1. Fabio Quartararo (Yamaha) - 122 poin

2. Aleix Espargaro (Aprilia) - 114 poin

3. Enea Bastianini (Gresini Ducati) - 94 poin

4. Francesco Bagnaia (Ducati) - 81 poin

5. Johann Zarco (Pramac Ducati) - 75 poin

6. Alex Rins (Suzuki) - 69 poin

7. Brad Binder (KTM) - 65 poin

8. Jack Miller (Ducati) - 63 poin

9. Marc Marquez (Honda) - 60 poin

10. Joan Mir (Suzuki) - 56 poin