HASIL MOTOGP EUROPE 2020

Ajang balap MotoGP 2020 usai di gelar di seri Europe pada Minggu (8/11/2020). Duo pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir dan Alex Rins bermain sangat dominan pada balapan yang diselenggarakan di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol.

Persaingan di barisan depan terjadi cukup ketat, Pol Espargaro melakukan start dengan baik dan langsung memimpin di depan pada awal balapan, sementara Takaaki Nakagami dan Joan Mir tampak langsung bersaing sengit dibelakangnya. Diakhir putaran pertama MotoGP Eropa 2020, Pol Espargaro, Alex Rins, dan Joan Mir memimpin balapan.

Di lap pertama Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo tampak ada di gravel. Keduanya terjatuh bersamaan walaupun terlihat tidak bersenggolan. Quartararo bisa kembali balik ke lintasan tapi terlempar ke posisi belakang.

Masih di lap-lap awal, motor Valentino Rossi tampak mengalami masalah teknis, ia terhenti di lintasan dan kemudian keluar dari balapan. Sementara Pecco Bagnaia, Lorenzo Savadori, dan Cal Crutchlow juga terlihat mengalami crash.

11 lap tersisa, Joan Mir melakukan manuver untuk mengambil posisi pertama dari Alex Rins. Laju motor Mir semakin tidak terkejar dari pebalap dibelakangnya, hanya berjarak 0,98 detik dengan Alex Rins, sungguh balapan yang sangat sengit untuk tim Suzuki. Pol Espargaro pun masih bertahan di posisi ketiga.

Saat balapan menyisakan empat putaran lagi, motor Alex Marquez tergelincir saat sedang berduel dengan pebalap Ducati, Andrea Dovizioso. Alex Marquez kembali gagal menyelesaikan sisa balapan seperti pada MotoGP Teruel dua pekan yang lalu.

Joan Mir yang tampil sempurna dan berhasil menyabet posisi juara pertama. Ini merupakan kemenangan pertama Joan Mir di kelas primer MotoGP, sebelumnya Mir memang pernah masuk kedalam posisi 3 besar tapi belum pernah berada di puncak podium. Mir juga merupakan pemenang MotoGP kesembilan di musim MotoGP 2020.

Posisi kedua diisi oleh Alex Rins, dilanjut oleh Pol Espargaro di posisi ketiga. Hasil juara 1 – 2 dari tim Suzuki seperti ini pernah terjadi sebelumnya pada MotoGP German tahun 1982.

Dengan hasil ini membuat Mir menjadi pemuncak klasemen. Perburuan title juara MotoGP tahun ini tinggal tersisa 2 balapan lagi, mari kita tunggu dan saksikan bersama, siapakah pemegang juara dunia baru MotoGP tahun 2020 ini.